Rabu, 03 Mei 2017

Cara Cetak Id Card Yang Mirip Dengan Kartu Pelajar

Cara membuat id card mirip dengan kartu pelajar.  Dalam pembuatan id card menang saat ini banyak dilakukan. Apalagi pada saat memasuki tahun baru dalam dunia perusahaan.  Maka pembuatan id card tersebut semakin meningkat secara drastis. Dan kalau dilihat saat ini sering sekali kita menjumpai banyak id card karyawan yang tebal dimana id card tersebut mirip dengan kartu pelajar. Nah, bagaimanakah cara pembuatan id card yang tebal dan mirip dengan kartu pelajar tersebut.
Berikut ini adalah cara yang perlu kalian siapkan untuk membuat id card yang tebal dan nantinya mirip dengan kartu pelajar yaitu:
  • Sedikan software untuk membuat id card
Hal pertama yang harus disiapkan cara cetak id card adalah dengan menyediakan apalikasi khusus untuk membuat desain id card. Sebenarnya untuk membuat desain id card kalian bisa menggunakan corel draw atau sejenisnya, akan tetapi disini penulis lebih suka dengan menggunakan software khusus yang telah dirancang dengan cara cetak id card agar proses cetak id card lebih cepat. Software yang dimaksud adalah simple stundet card pro. Jika kalian belum memilikinya, kalian bisa download versi demonya disini.
  • Sediakan kertas PVC
Untuk bisa membuat id card mirip dengan kartu pelajar. Maka jenis kerta yang digunakan adalah jenis PVC, jenis kertas ini seperti mika yang terdiri dari 3 lapisan, yaitu lapisan atas, lapisan bawah, dan lapisan tengah. Lapisan atas dan bawah memiliki ketebalan agak tipis ini nantinya desain id card akan di cetak di kertas ini. Pada bagian tengah memiliki sisi paling tebal jika dibandingkan dengan lapisan atas dan bawah tidak untuk cetak tetapi sebagai lapisan penguat saja yang nantinya lapisan tersebut ditempelkan pada kertas bagian tengah.
  • Sediakan printer biasa yang penting berwarna
Jika kalian ingin membuat id card mirip kartu pelajar dengan menggunakan kertas PVC maka kalian bisa menggunakan printer biasa yang penting warna
  • Sediakan mesin laminating atau mesin pemanas
Setelah desain di cetak pada kertas PVC secara miror image atau tebalik diantara lapisan atas, bawah dan tengah sudah digabung dan ditempelkan menjadi satu.
Dan yang terakhir adalah proses pemotongan id card dengan mesin cetak id card. Kenapa harus dipotong karena pada kerta PVC itu biasanya kurang dari ukuran A4 dimana satu lembaran kertas A4 bisa digunakan untuk membuat 10 id card.
Itulah cara cetak id card seperti kartu pelajar
Semoga penjelasan kami di atas dapat memberikan gambaran bagi kalian yang sedang belajar dalam pembuatan id card yang menggunakan kertas PVC id card dimana nanti hasilnya akan mirip dengan kartu pelajar yang tebal itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar